1 Pleton KOKAM PCPM Banguntapan Selatan Ikuti Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila

PC PM BAnguntapan Selatan

Banguntapan, 1 Juni 2024 – Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, satu pleton KOKAM (Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah) dari PCPM (Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah) Banguntapan Selatan turut serta dalam upacara bendera yang dilaksanakan di halaman Kantor Kapanewon Banguntapan. Upacara ini dipimpin langsung oleh Penewu Banguntapan, Bapak I Nyoman Gunarsa, S.Psi., M.Psi., yang bertindak sebagai inspektur upacara.

Acara yang berlangsung pada Sabtu pagi tersebut dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, termasuk pejabat pemerintahan, organisasi masyarakat, serta para pelajar. Partisipasi KOKAM PCPM Banguntapan Selatan menjadi salah satu sorotan utama, menunjukkan semangat nasionalisme dan komitmen mereka dalam menjaga nilai-nilai Pancasila.

KOKAM PCPM BS

Dalam sambutannya, Bapak I Nyoman Gunarsa menekankan pentingnya mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. “Pancasila bukan sekadar dasar negara, tetapi juga pedoman hidup berbangsa dan bernegara. Kita semua, khususnya generasi muda, harus terus menjaga dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila,” ujarnya.

Pelaksanaan upacara berlangsung khidmat, dimulai dengan pengibaran bendera merah putih yang diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya. Selain itu, terdapat pula pembacaan teks Pancasila, UUD 1945, dan pesan-pesan kebangsaan yang mengingatkan kembali arti penting persatuan dan kesatuan dalam keberagaman bangsa Indonesia.

Keterlibatan KOKAM PCPM Banguntapan Selatan dalam upacara ini bukan hanya sebagai bentuk penghormatan terhadap Pancasila, tetapi juga sebagai wujud nyata peran aktif organisasi kepemudaan dalam mendukung kegiatan kenegaraan. “Kami bangga bisa ikut serta dalam upacara ini. Ini adalah salah satu cara kami untuk menunjukkan kecintaan dan dedikasi kami terhadap NKRI dan Pancasila,” kata salah satu anggota KOKAM.

Dengan berakhirnya upacara, diharapkan semangat dan nilai-nilai Pancasila dapat terus tertanam dalam diri setiap peserta dan masyarakat luas, untuk bersama-sama membangun Indonesia yang lebih baik dan maju.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like these

No Related Post